Baca 3 menit

Mengapa Kita Butuh Preprocessor CSS?

Seiring dengan semakin berkembangnya situs yang kita miliki, terkadang hal ini akan membuat kita semakin sulit untuk menjaga kekonsistenan dan kerapihan dari kode-kode yang kita miliki. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak framework web modern yang menerapkan konsep MVC. Namun untuk CSS, masih banyak orang yang kesulitan untuk me-maintain-nya dengan benar. CSS tidak memiliki konsep modularitas seperti OOP dan tidak punya konsep fungsional. Selain itu tidak ada teknik terbaik untuk membuat selector yang mudah untuk diedit atau digunakan ulang pada selector yang lain. Beberapa alasan di bawah ini mungkin dapat menggugah kamu yang masih enggan untuk menggunakan preprocessor.

Preprocessor CSS adalah framework yang menyediakan fitur-fitur yang tidak terdapat pada CSS. Fitur-fitur tersebut banyak mengadopsi konsep-konsep pemograman seperti operasi matematika dasar, variabel, loop dan fungsi.

Lebih Customizable, Extensible dan Maintanable

kamu akan menemui beberapa konsep pemograman pada preprocessor. Hal ini tidak mengherankan karena preprocessor CSS diinisiasi dan dibangun oleh para programmer. Desainer yang tidak memiliki latar belakang programmer biasanya anti dengan hal-hal berbau demikian karena belajar pemograman hanya akan menghambat produktifitas saja. Namun saya jamin waktu yang kamu habiskan untuk sedikit belajar pemograman tidak akan sia-sia.

Setelah kamu cukup familiar dengan konsep-konsep pada preprocessor, kamu bisa jauh lebih produktif dari sebelumnya. Dengan preprocessor, kamu dapat menulis style jauh lebih sederhana dibandingkan menulis CSS secara langsung. Anda juga bisa memakai ulang fungsi-fungsi preprocessor yang sudah pernah kamu buat. Mengubah tema sebuah website dapat dilakukan dengan hanya mengubah variabel warna atau ukuran yang telah kamu buat, tidak perlu repot-repot mencari baris demi baris selector. Membuat librari CSS sendiri? Lebih mudah dengan preprocessor tentunya.

Pilihan Librari yang Lebih Baik daripada Bootstrap

Mayoritas desainer web pasti sudah mengenal Bootstrap. Beberapa dari mereka sudah sangat berpengalaman menggunakan Bootstrap. Bootstrap memang merupakan alat yang sangat ampuh untuk membuat desain web dengan mudah dan cepat. Saya dulu juga ngefan dengan Bootstrap. Hampir semua projek saya yang dulu, saya buat menggunakan librari itu. Tetapi lama kelamaaan saya menjadi kurang nyaman karena seringkali saya harus menimpa style Bootstrap demi menghasilkan desain yang sesuai dengan rancangan saya. Selain itu apabila menggunakan Bootstrap, mau tidak mau saya harus mengotori elemen-elemen HTML dengan menambahkan kelas-kelas (mis. col-md-, col-sm- dll) yang tidak berelasi dengan konten elemennya.

Pada preprocessor, terdapat librari-librari seperti Compass dan Bourbon (librari Sass) yang memiliki hampir semua fitur yang dimiliki oleh Bootstrap. Bahkan beberapa fitur justru lebih bagus dibandingkan Bootstrap. Selain itu dengan menggunakan preprocessor, kamu tidak perlu menambahkan banyak kelas karena preprocessor dapat men-generate CSS dari librari yang kita gunakan, berbeda dengan Bootstrap yang harus kita masukkan pada tag <link> yang hanya akan menambah beban HTTP Request saja. Dan tentu saja, karena librari-librari tersebut terdiri dari fungsi-fungsi dan variabel-variabel preprocessor, kamu dapat melakukan modifikasi dengan jauh lebih mudah tanpa harus repot-repot menimpa style-nya.

Tidak Perlu Me-refresh Browser Setiap Kali Melakukan Perubahan pada Skrip

Satu hal yang paling sering dilakukan oleh desainer saat membuat CSS adalah me-refresh browser setiap kali mengubah CSS. Tanpa kamu sadari, sebenarnya kebiasaan yang demikian sangat mengurangi produktifitas kamu. Setiap kali browser di-refresh, browser akan meminta kembali file html, javascript, gambar dan CSS pada server, sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk me-load keseluruhan halaman web.

Sass memiliki fitur yang dinamakan watch. Fitur tersebut berfungsi untuk memantau setiap perubahan yang terjadi saat kita mengedit skrip dan mengirimkan sinyal kepada browser untuk me-request ulang CSS. Hal ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan me-refresh keseluruhan halaman web. Fitur yang sederhana, namun sangat berguna.


Saya pikir kamu tidak punya alasan lagi untuk tidak mempelajari preprocessor CSS setelah melihat semua kelebihannya dibandingkan dengan menulis CSS secara tradisional. Preprocessor memang dibuat dengan tujuan untuk menambah produktifitas desainer web dan mengurangi pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya dapat dilakukan secara otomatis. Banyak lowongan-lowongan pekerjaan saat ini yang menjadikan skill preprocessor CSS sebagai salah satu syarat utamanya. Apabila kamu ingin serius menekuni bidang desain web, kamu harus mulai belajar menggunakan preprocessor CSS seperti Sass, LESS atau Stylus. Selamat belajar! :)